Indahnya Halaman Rumah menjadi Taman Buah

Pasti pernah kita bayangkan jika suatu saat nanti halaman  rumah bisa menjadi taman buah yang sangat indah dan cantik bila dipandang oleh mata? Ya, tentu saja. 
Itu semua bisa terwujud bila kita serius serta adanya kemauan kreativitas masing-masing. Memang waktu kita akan lebih sedikit tersita untuk mengurusi hal itu, seperti penyiraman, pemupukan, pemangkasan dan seringkali juga kita harus mengawasi kemungkinan datangnya hama tanaman. Tetapi seperti yang dikatakan, jika adanya kemauan disitu pasti adanya jalan terbuka untuk mencapai keinginan tersebut. 

Seperti halnya kita bisa menanam buah yang benar-benar langka untuk di tanam di halaman rumah yaitu buah durian. Jenis tanaman buah ini memang jarang sekali kita temukan di halaman rumah, seringkali kita tahu durian ini kita peroleh dari penjual bukan dari hasil tanam kita sendiri. Dan yang tidak kalah menarik dan unik untuk kita coba adalah  menanam buah durian dalam pot.




Tabulampot Durian

Kita akan mengetahui mengenai teknik menanam buah durian dalam pot yang mudah dan praktis. Durian memang bukan jenis tanaman buah yang mudah ditanam pada media pot tetapi tidak salah jika kreatif kita untuk menanam durian. Cara menanam durian dalam pot membutuhkan waktu dan tenaga ekstra dan juga menanamnya tidak segampang seperti buah durian yang biasa ditanam di tanah langsung.Yang perlu kalian tahu, Tabulampot lebih membutuhkan perawatan dan perhatian khusus. Dengan begitu menanam durian yang baik harus memikirkan asupan nutrisi / gizi bagi tanaman tersebut karena asupan nutrisi bagi tanaman bisa menjaga pertumbuhan buah tetap prima.





Yang tidak boleh dilupakan adalah cara menanam durian dalam media pot adalah perlunya pupuk kandang serta tanah secara seimbang. Jika menggunakan perbandingan yaitu 1:1. Artinya, kebutuhan tanah liat dengan pupuk sama. Setelah dirasa sudah cukup umur, durian siap dipindahkan ke tanah. Karena media pot hanya bisa digunakan ketika tanaman kecil hingga beranjak dewasa. Kemudian durian harus dipindahkan ke taah yang sebelumnya tanah yang harus dilubangi. Ukuran lubang disesuaikan dengan ukuran polibag pada pot. Sebelumnya tanah diberi pupuk buatan sebagai penunjang kesuburan tanahmya. Pupuk yang biasa digunakan adalah pupuk fosfor berupa TSP dengan takaran 20 gram atau 2 sendok makan.




Mengapa harus diberi pupuk? Karena pupuk tersebut bertujuan untuk memaksimalkan pertumbuhan akar. 
Selain itu, jangan lupa juga taburkan furadan untuk meminimalisir munculnya patogen pada tanah. Untuk ukurannya hampir sama dengan pemberian pupuk fosfor diatas. Kemudian, sesuai tanaman dibenamkan ke dalam tanah di atasnya diberi lagi pupuk TSP serta furadan dengan dosis serupa. Cara menanam durian dalam pot ini memang dibutuhkan ketelatenan dan kesabaran. Dengan begitu, Kalian bisa menikmati hasil yang maksimal. 

Selamat mencoba!!!





Disertakan oleh video, silahkan dilihat dan selamat berkebun dirumah



------------------------
Sumber:
https://tabulampot.wordpress.com/2006/12/19/membuat-halaman-menjadi-taman/

Oleh Kezia Revi Moningkey

4 comments:

  1. Ide yang bagus, selain pohon durian apa lagi yg bisa menjadi inspirasi buat di tanam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa saja pohon mangga, jambu, anggur, jeruk dan semua buah kurang lebih bisa di tanam dalam media pot dan bisa memperindah halaman rumah

      Delete
  2. Kalau pohon kelapa bisa di taruh dalam pot gak?

    ReplyDelete
  3. numpang promo ya gan
    kami dari agen judi terpercaya, 100% tanpa robot, dengan bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% segera di coba keberuntungan agan bersama dengan kami
    ditunggu ya di dewapk^^^ ;) ;) :*

    ReplyDelete