Sirih: Si Penghias Rumah Yang Bermanfaat

cr: Henriette Kress



Piper Betle atau nama latin dari daun sirih ini merupakan jenis tumbuhan yang merambat dan biasanya bersandar pada pohon lain. Daun sirih mampu tumbuh mencapai tinggi 15 meter dan tanaman ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Orang jaman dahulu memanfaatkan daun sirih menjadi bahan kunyahan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Biasanya daun sirih dimakan bersamaan dengan gambir kampur, dan juga pinang. Cara menyirih ini dipercaya mampu membuat gigi menjadi lebih tahan lama (kuat) dan jarang berlubang.

Daun Sirih
Menurut penelitian Yunis, Daun sirih mrmiliki Eugenol dimana merupakan senyawa kimia yang dominan di dalam daun sirih, pada minyak sirih ditemukan kandungan 47,47% kandungan lainnya yang dimiliki daun sirih  adalah minyak astiri yang kadarnya hanya 0,35%. selain senyawa tersebut, daun sirih juga memiliki kandungan kavibetol, kavicol, estragol, hidrosikavicol, fenil propane, allylpyrokatekol, caryophyllene, cyneole, cadinene, diastase, tannin, pati,seskulterpena, terpenenne dan juga gula.

Zat-zat tersebut merupakan zat yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Beberapa contoh manfaat yang kita dapatkan dengan menanam dan menggunakan daun sirih yaitu, dapat menyembuhkan penyakit asma dengan cara meminum air rebusannya, menyembuhkan radang tenggorokan, menghilangkan bau badan tak sedap yaitu dengan cara menumbuk dan dan mengoleskan, dapat mencegah dan menghilangkan jerawat yang membandel, mengobati sakit mata, melancarkan haid yang tidak teratur dan keputihan, dan sebagai obat mimisan yaitu dengan cara menyumbatkan daun sirih ke hidung. 

Daun sirih memiliki warna yang bagus dan memiliki 3tipe yaitu daun sirih Hijau, sirih merah, dan sirih hitam. Namun yang sering dan banyak dijumpai adalah sirih hijau dengan bentuk daun yang berbentuk bulat oval. Dengan banyaknya manfaat daun sirih, maka tentunya kita dapat menanam daun sirih dirumah. Cara menanamnya pun mudah dengan memanfaatkan sedikit lahan di pekarangan rumah saja dan juga bambu yang dipotong-potong sebagai alat perambatannya. Jadi daun sirih dapat kita jadikan sebagai tanaman hias di pekarangan rumah kita sekaligus tentunya dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Rumah kita sehat, Manfaatnya pun kita dapat. 







Oleh: Dian Permatasari

6 comments:

  1. Bermanfaat banget infonya. Thankyou 😊

    ReplyDelete
  2. jadi terinspirasi untuk nanam daun sirih setelah baca ini :)

    ReplyDelete
  3. Infonya okee, terimakasi sudah membuka wawasan sayaa

    ReplyDelete
  4. Infonya okee, terimakasi sudah membuka wawasan sayaa

    ReplyDelete
  5. Infonya okee, terimakasi sudah membuka wawasan sayaa

    ReplyDelete
  6. vPermisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete