Kebun Sayur di Balkon


Tidak memiliki banyak ruang, namun tetap ingin mulai menanam?
Kamu bisa menghemat uang besar dan dapat menikmati sayuran segar setiap hari, sayuran yang kamu tanam dan kelola sendiri. Jika kamu siap menumbuhkan dan menanam mereka! tidak peduli sekecil apapun area outdoor kamu, kamu tetap bisa memiliki taman.

Pada jaman sekarang memang sulit memiliki dan memperoleh rumah dengan lahan atau perkarangan yang luas, karena semakin terbatasnya lahan yang tersedia, dan jika ada pun harganya sangat mahal. Namun kamu juga bisa mendapatkan sayuran yang sehat dan murah dari hasil kebun sendiri, serta memberi sumbangan udara segar dan bersih pada daerah tempat tinggal dengan cara memanfaatkan balkon sebagi media tempat kamu bertanam.
Saya merekomendasikan untuk menanam sayuran di balkon karena sayuran adalah salah satu tanaman yang paling sering kita konsumsi setiap hari, sehingga bisa menghemat pengeluaran anggaran belanja dan tentunya dapat menjamin sayuran yang kamu konsumsi lebih segar dan sehat. Apalagi untuk kamu yang tinggal di kota metropolitan, kendaraan yang melintas setiap hari membuat polusi udara semakin tidak baik untuk di hirup.

Cara Mudah Menanam Sayuran di Balkon 




  1. Siapkan pot yang digunakan untuk menanam sayuran. Pastiak pot tersebut memiliki lubang drainase di bagian bawah.
  2. Siapkan media tanam. Media tanam yang digunakan sebaiknya material bukan tanah. kamu dapat menggunakam sekam, clay, perlit, serbuk gergaji, dsb.
  3. Masukkan batu kerikil di bagian bawah pot dengan ketinggian kurang lebih 1 cm. Batu tersebut akan meningkatkan aliran drainase untuk mengeluarkan kelebihan air dalam pot.
  4. Masukkan media tanam ke dalam pot.
  5. Buatlah lubang di tengah pot lalu tanamlah bibit sayuran yang kamu senangi. Kamu dapat melakukan pembenihan dulu dari biji sayuran sebelum melakukan penanaman dalam pot.
  6. Letakkan pot di balkon dan susunlah agar terlihat rapi dan cantik.
  7. Siramlah tanaman kamu setiap hari atau tergantung kebutuhan. bila tanaman kamu terletak di balkon yang tidak beratap maka kamu tak perlu melakukan penyiraman saat musim hujan.
  8. Rawatlah tanaman kamu dengan penuh kasih sayang.
  9. Lakukan pemanenan setiap kali sayuran kamu siap panen. Jangan biarkan sayuran kamu mengering.


Selamat Mencoba dan nikmati hidup dengan udara yang segar juga makanan yang sehat.



Sumber: dunia-kebun.blogspot.co.id
howtobuildahouseblog.com

Oleh: Nanda Nastiti

No comments:

Post a Comment