Tanaman Berduri Yang Menyehatkan


Tahukah kamu bahwa tanaman berduri yang satu ini memiliki banyak manfaat ?
Ya, tentu saja ia adalah aloevera atau yang kita kenal dengan lidah buaya merupakan jenis tanaman yang sering kita lihat dan biasanya di tanam di lahan tanah atau bahkan di dalam pot. Lidah buaya di sebut juga sebagai apotik hidup. Dimana si hijau berduri ini memiliki berbagai kandungan zat yang bermanfaat seperti enzim semua jenis Vitamin kecuali Vitamin D, Mineral, Saponin dan 20 asam Amino. Lidah buaya di manfaatkan juga untuk kesahatan dan juga unutuk kecantikan.


Lidah buaya ini dapat kita tanam sendiri dengan muda loh, kita dapat menanamnya di pekarangan rumah kita atau bisa juga tanam di pot. Penanaman di lahan atau perkarangan rumah disebut dengan Home Gardening. Home Gardening memiliki tujuan tersendiri dimana jika kita menanam apotik hidup dirumah seperti lidah buaya maka jika kita sangat membutuhkan kita tidak perlu bersusah payah mencari atau membelinya karena kita dapat dengan mudah mengambil lidah buaya tersebut. Home Gardening juga dapat membantu kita ( pembaca ) untuk mengobati sendiri penyakit yang di derita, khususnya bagi mereka yang tidak mampu berobat ke dokter maka menggunakan obat - obatan herbal dan tradisional yang di tanamnya sendiri.

Ekstrak Aloevera
Berdasarkan peniltian Dr. Bill Wolfe di tahun 1969 ditemukan fakta bahwa lidah buaya sangat ampuh membunuh bakteri jenis Staphloccos Aereus yang sering menyebabkan infeksi. Penilitian S. Levinson dan K. Somova membuktikan bahwa ekstrak kulit buaya dapat membantu meringankan sakit gigi dengan cara menyuntikkan ekstrak tersebut pada bagian gigi yang sakit. Terdapat pula beberapa manfaat lidah buaya yang ditemukan masyarakat seperti membantu meringankan radang tenggorokan, menyembuhkan ambeien hingga dia betes. Sedangkan manfaat untuk kecantikan yaitu lidah buaya dapat mengatasi rambut rontok, menghilangkan jerawat di wajah, merawat kulit hingga mampu memperlambat penuaan pada kulit. Wah sangat bermanfaat ya Lidah Buaya ini. Yuk mulai sekarang kita harus bisa memanfaatkan pekarangan rumah dengan baik dan menanami tanaman yang dapat kita manfaatkan juga hasilnya. Happy Gardening !





Oleh: Dian Permatasari

No comments:

Post a Comment