Ada Apa dengan Biji Tomat?


Tomat termasuk buah atau sayur?
Dalam segi penelitian botani, tomat memang diklasifikasikan sebagai buah, namun dalam kuliner tomat dikatakan masuk dalam jenis sayur. ya, kali ini kami akan membahas mengenai tomat sebagai sayur, karena konsumsi tomat yang juga sering dikonsumsi lewat masakan-masakan dirumah. bagaimana jika kita dapat mencampur masakan kita dengan tomat yang dipetik dari halaman rumah sendiri? tentu sangat memudahkan jika anda kelupaan membeli si merah bulat ini..

Lantas apa yang terkandung dalam tomat? apakah benar, biji tomat saja sangat memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita? mungkin ada beberapa alasan orang takut mengkonsumsi biji si merah ini, seperti dapat menyebabkan penyakit usus buntu, padahal penyakit ini disebabkan karena peradangan yang timbul dari penyumbatan yang disebabkan kotoran dan sisa makanan atau parasit hidup yang berkembang biak.

Jadi masih takutkah mengkonsumsi biji tomat?
memang banyak orang yang kurang suka mengkonsumsi tomat sebagai buah atau dimakan langsung, rata-rata orang Indonesia mengkonsumsi tomat sebagai sayur dengan menjadikannya masakan, kalo dilihat dari segi manfaat dan vitamin tentu dimakan langsung lebih sehat, tapi dimasak pun tomat tetap memiliki banyak vitamin dan khasiat.

Kandungan tomat memiliki banyak manfaat, salah satunya melindungi diri dari radikal bebas dan mampu mengurangi penggumpalan darah serta mencengah beberapa penyakit seperti stroke dan jantung, bahkan dapat mencegah timbulnya kanker ditubuh.
jadi masih ragukah kamu mengkonsumsi tomat beserta bijinya?
nah sekarang kami akan memberikan informasi langkah yang dilakukan untuk menanam tomat dirumah:

1. Memilih bibit buah tomat
buah tomat yang bisa dijadikan bibit adalah pilih yang benar-benar matang (merah), ukurannya yang paling besar dibanding yang lain, tidak ada luka cacat atau luka bekas terserang hama penyakit, memiliki kepadatan biji yang merata setelah dibelah, tidak terapung jika dimasukkan dalam air.

2. Menyemai biji tomat
setelah bibit didapat maka selanjutnya cara menanam tomat dalam pot yang dilakukan dengan cara penyemaian. kamu bisa merendam bibit dalam air yang sudah dicampur fungisida, agar penyakit dan hama yang ada dalam bibit tomat dapat mati dan hilang. setelah direndam, masukkan benih dalam campuran tanah dan pupuk kompos dengan perbandingan 1:1 , dan letakkan ditempat yang teduh atau sinar pada pagi hari saja. selanjutnya mulai lah tanah benih tomat ini dalam pot, rajinlah dalam penyiraman secara rutin pagi dan sore, biasanya benih akan tumbuh kecambah dari 7-10 hari masa tanam

3. Pemilihan pot sebagai media tanam
sebaiknya kamu memilih pot dari bahan tanah liat karena lebih mudah ditembus oleh air maupun sirkulasi udara yang dibutuhkan oleh akar tanaman tomat.

4. Pelihara tanaman tomat dalam pot
usahakan taruhlah pot kamu di halaman luar rumah, agar terkena sinar matahari pagi, lakukan juga penyiraman secara rutin pagi dan sore agar tanaman tomat kamu mendapat pasokan air yang mencukupi.

nah, jika melihat banyaknya manfaat yang di dapat dari tanaman tomat ini, lantas apa yang kamu tunggu? yuk jadikan halaman rumah lebih produktif dengan tanaman tomat :)



-----------------------
Sumber:
infoagribisnis.com
caraberkebun.com

Oleh: Nanda Nastiti

1 comment:

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete