Cabe, Si Pedas yang Menggugah Selera




Harga cabai kian hari makin meningkat, namun permintaan pun semakin tinggi, tak enak rasanya jika makan tak ada pedas-pedasnya. cabai selain meningkatkan cita rasa masakan, juga dapat menggugah selera makan menjadi meningkat. tapi lonjakan harga cabai membuat masyarakat menjadi enggan untuk membeli terlalu banyak, hanya secukupnya, dan bahkan ada yang mulai menanam cabai di perkarangan rumah sendiri. cabai memang membuat nafsu makan semakin meningkat selain itu juga memiliki banyak manfaat, cabai bisa meningkatkan imunitas, menurunkan berat badan, mengatasi diabetes, menyehatkan pencernaan, dan masih banyak manfaat lainnya. namun cabai juga memiliki dampak bahaya bila dikonsumsi berlebihan misal seperti maag akut, kesehatan lambung terganggu, bahkan insomnia dan masih banyak bahaya lainnya.

nah, jika kita melihat begitu banyak manfaat yang didapat dari cabai, kenapa tidak langsung saja kita mulai bertanam cabai di perkarangan rumah? selain caranya yang mudah dan cepat, tanaman cabai tentu dapat membantu kita mengurangi pengeluaran belanja dapur kan?.. nah langsung saja kita lihat langkah-langkah dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk menanam cabai.


Pertama-tama siapkan 3-5 lembar tissue di sebuah nampan yang telah dibasahi air, lalu taburkan benih atau biji cabai ditempat tersebut, dan taruh ditempat yang lembab, biarkan 3-4 hari sampai benih mulai berkecambah.
lalu setelah itu, pindahkan benih kedalam polybag dan taruh di tempat yang terhindar dari air hujan selama 4-5 minggu dan mulai penanaman. penanaman dilakukan pada bibit yang sudah berumur 4-5 minggu atau paling tidak sudah memiliki 5 helai daun, setiap polybag diberi satu bibit, pindahkan lah dengan hati-hati jangan sampai rusak.

setelah 1-2 minggu setelah tanam, tanaman harus diberi penyangga agar jika sudah mulai besar tanaman tidak roboh, penyangga bisa dibuat dari bambu berukuran sepanjang 100 cm dan ditancapkan sedalam 20-30 cm, ditancapkan dengan posisi miring keluar, jarak penyanggan dengan tanaman sekitar 10 cm. Pemupukan dilakukan pada minggu ke-2, 4, 6 dan 8. Letakkan disekitar tanaman dalam bentuk lingkaran. dan untuk penyiraman dilakukan secukupnya dan seperlunya saja, semakin tinggi dan besar tanaman harus sering disiram apalagi jika sudah mulai berbunga dan berbuah.


dan untuk hasilnya, pemanenan pertama didapat 9 minggu setelah tanam, tetapi untuk pemanenan selanjutnya tentu lebih cepat, bisa setiap 5-7 hari sekali.

mudah, cepat, dan aman bukan? lantas apa yang ditunggu, yuk mulai bertanam cabai.. :)





---------------
Sumber:
petanirumahan.com
http://hijau-sehat.blogspot.co.id

Oleh: Nanda Nastiti

1 comment:

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    ReplyDelete