Cara menanam Nanas, si buah Mahkota







Apa kalian sudah sering mendengar sebutan si buah Mahkota? Mungkin anda bertanya-tanya buah mahkota seperti apa itu bentuk nya karena tanpa kalian sadari hanya terdapat satu buah yang memiliki ujung runcing seperti mahkota yaitu buah Nanas. Buah Nanas merupakan salah satu tanaman buah tropis dengan tekstur daging buah yang berwarna kuning sampai jingga dan rasa yang begitu manis dan keasaman.

Daun dari buah nanas juga sangatlah unik karena memiliki daun yang panjang dan runcing. kalian pasti seringkali mengonsumsi si buah mahkota ini salah satu bahan utama pembuat rujak namun dapat ditambahkan juga pada masakan untuk membantu melunakkan daging dan menambah rasa segar pada masakan. Si buah Mahkota ini bukan hanya enak untuk dimakan tetapi bila kita tanam dipekarangan bentuknya sangat indah dan membuat pekarangan rumah menjadi menarik. Jadi, bagaimana cara menanam si buah Mahkota ini di dalam pot pekarangan rumah kalian? Yuk mari kita baca info-info selanjutnya. 



Cara singkat menanam si buah Mahkota dalam media pot
  1. Pilihlah buah nanas organik dengan kualitas yang baik. Kalian dapat memilih jenis nanas yang disukai. Yang paling terpenting masih memiliki mahkota dan hindari nanas yang sudah membusuk.
  2. Potong hingga pisahkan buah nanas dengan mahkotanya. Daging buah nanas dapat kita konsumsi sedangkan mahkotanya akan dimanfaatkan untuk menanam buah nanas kembali Pastikan daging buah telah bersih dan sisakan sedikit bonggolnya yang ditandai dengan bulatan yang berwarna putih seperti lingkaran putih yang nanti setelah kita belah akan terlihat. Karena jika daging buah yang tersisa dapat busuk sehingga menyebabkan penyakit pada tanaman yang nantinya akan kita tanam.
  3. Hilangkan beberapa helai mahkota buah bagian bawah terutama yang terlihat sudah menua. Bisa terlihat dari warna yang sudah  menguning dan sudah layu. 
  4. Cucilah bonggol nanas tersebut sampai bersih dan terhindar dari lendir yang disebabkan oleh daging buah nanas tersebut. Keringkan mahkota nanas dan biarkan pada tempat yang pastinya terhindar dari sinar matahari kurang lebih seminggu. Sembari menunggu mahkota mengering, kita sudah bisa menumbuhkan akar terlebih dahulu dengan cara merendam bonggol nanas pada air lalu akar-akar baru akan bermunculan dalam waktu beberapa hari. Dan jang lupa menusuk bonggol tersebut dengan tusuk gigi atau bahan tajam lain sebelum direndam di dalam air. Ini dilakukan agar mahkota buah nanas tidak ikut terendam dan menjadi busuk.
  5. Siapkan media tanam. Nanas memerlukan kondisi tanah yang asam. Campurkan tanah gembur dan pasir dengan perbandingan 3:1. Lalu siapkanlah pot. 
  6. Masukkan batu bata atau arang ataupun batu kerikil di bagian bawah pot dengan ketinggian sekitar 2-3 cm untuk memperbaiki drainase, karena drainase yang kurang baik dapat meneybabkan tanaman akan cepat busuk.
  7. Isilah pot dengan media tanam yang telah disiapkan dan buatlah lubang di tegahnya utnuk menanam mahkota nanas yang sudah di keringkan.
  8. Tanamlah mahkota nanas dan pastikan boggolnya tertutupi media tanam. Letakkan pot dibawah sinar
    matahari.
  9.  Siramlah secara rutin dengan sebanyak tiap 3-7 hari sekali.
  10. Kita dapat melakukan pemupukan tiap 3-4 bulan sekali agar tanaman nanas sehat.
  11. Jika berhasil, tanaman nanas aka mulai berbuah pada umur kira-kira 2-3 tahun.
  12. Dan akhirnya buah nanas sudah dapat dipanen kembali. 







Bagaimana menurut kalian, mudah bukan? Karna dari si Mahkota kita bisa menyulap buah nanas dapat didapatkan lagi lewat cara tanam yang harus kalian coba.  

Kalian juga bisa lihat cara yang lebih spesifik lagi lewat video ini !!!



--------------

Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=Y1klxRnjZOI&feature=youtu.be

Oleh: Kezia Revi Moningkey 

No comments:

Post a Comment